Selasa, 29 Mei 2018

Khasiat dan Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan

Inilah sejuta Khasiat dan Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan tubuh yang wajib untuk kamu ketahui. Berikut informasi lengkapnya !

Sehat Mata ,- Brotowali mempunyai nama latin Tinospora crispa merupakan tanaman obat tradisional Indonesia yang biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan India bagian timur laut.

Brotowali juga disebut bratawali, dikenal dengan rasa pahitnya. Tapi jangan salah, karena pahitnya itu pun banyak orang yang mengkonsumsi nya. Aneh bukan? Tapi itulah kenyataannya, dengan rasa yang super pahit, tapi brotowali super juga dengan manfaatnya, terutama bagi kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh


Khasiat dan Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan
Fakta Khasiat dan Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan sudah tak perlu kita ragukan lagi, karena brotowali sudah dikenal sejak zaman dulu akan khasiat dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman obat tradisional ini kaya kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

Tak hanya itu menurut (Umi and Noor., 1995; Pachaly et al., 1992) Brotowali banyak mengandung alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin, palmatin dan kolumbin. Masyarakat Indonesia secara turun-temurun menggunakan tanaman brotowali untuk pengobatan rematik artritis, rematik sendi pinggul (sciatica), memar, demam, merangsang nafsu makan, demam kuning, kencing manis dan malaria (Perry, 1980; Pushpangadan dan Atal, 1984).

Seperti dikutip dari wikipedia, rebusan batangnya yang sangat pahit biasa dimanfaatkan sebagai obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, mengurangi risiko kencing manis, demam kuning, malaria, diabetes, mual, muntah, diare, iritasi ginjal, nefritis, hingga keracunan mematikan, dan penyakit luar seperti memar dan kudis.

Disamping itu, ramuan herbal satu ini juga bisa menambah nafsu makan. Menurut dr. Prapti Utami Msi, tumbuhan obat seperti brotowali memang memiliki efek farmakologi yang bagus. Wanita yang lekat dijuluki dokter herbal itu menyatakan tumbuhan satu ini dan sambiloto bagus diberikan kepada seseorang yang terbiasa mengonsumsi makanan manis.

Tidak hanya untuk luka saja, air rebusan pada batang Brotowali bermanfaat untuk menghapus warna kusam pada wajah sekaligus mencerahkan wajah, penggunaannya seperti untuk cuci muka atau bisa juga untuk masker wajah.         ( Baca juga : Tanda dan gejala mata juling )

Pemanfaatan Brotowali

  1. Di Indo-Cina semua bagian tumbuh-tumbuhan dari brotawali dipakai sebagai obat demam yang dapat menggantikan kinine.
  2. Di Filipina, bratawali dianggap sebagai obat serba bisa yang dapat dipakai untuk mengobati penyakit gila, dan berkhasiat seperti kina.
  3. Di Bali batangnya dipakai sebagai obat sakit perut, demam dan sakit kuning, bahkan sebagai obat gosok untuk mengobati sakit punggung dan pinggang.
  4. Sedangkan, di Jawa, air rebusannya dapat digunakan untuk mengobati demam, obat luar untuk luka, dan gatal-gatal.
Demikianlah informasi kesehatan mengenai Khasiat dan Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan yang bisa ane share, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar