Senin, 04 Juni 2018

Manfaat Tapak Liman Untuk Mata

Di kesempatan kali ini saya akan mengulas informasi mengenai Manfaat Tapak Liman Untuk Mata yang wajib Anda ketahui.

Manfaat Tapak Liman Untuk Mata ,- Tapak Liman ialah jenis tumbuhan herbal yang dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, dan salah satunya ialah dapat mengatasi sakit mata. Hal ini tak lepas dari kandungan zat alami didalamnya, seperti Triacontan-l-ol, Lupeol, Epifrielinol, Lupeol Acetat, Deoxyelephantopin, Isodeozylephantopin, Terpenoid, Stigmasterol, dan Flavanoid.

Khasiat dan Manfaat Tapak Liman Untuk Mata


Manfaat Tapak Liman Untuk Mata
Tapak liman (Elephantopus scaber) adalah terna tegak yang berasal dari Amerika tropis, yang kini mudah ditemui di banyak negara di Asia, dan Polinesia. Di beberapa daerah sering dinamakan tutup bumi, balagaduk, tapak tangan, atau talpak tana.

Secara fisik, tanaman tapak liman ditandai dari bentuk daunnya yang panjang dan berlekuk atau bergerigi pada bagian tepi. Panjangnya berkisar antara 20-30 cm dan lebar sekitar 3-6 cm. Tetapi, semakin tinggi batang, ukuran daun semakin mengecil dan lekuknya semakin tidak kentara. Keunikan daun tapak liman terletak pada permukaannya yang berbulu halus dan terasa agak empuk jika disentuh. Daun tapak liman berwarna hijau pekat dan sedikit kebiru-biruan.

Begitu pula dengan batang Tapak Liman. Terdapat bulu-bulu halus berwarna putih di sepanjang batangnya yang keras dan liat. Sebetulnya bukan tanaman ini tidak terlalu besar. Tinggi batangnya hanya sekitar 130 cm saja.

Di samping sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit mata, tanaman ini juga berkhasiat untuk melancarkan air seni, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan berbagai jenis radang (termasuk radang rahim alias keputihan), antianemia, pembersih darah, antikanker, mengatasi perut kembung, beri-beri, disentri, digigit ular, batuk seratus hari, hingga hepatitis.

Cara Pengolahan Tapak Liman Untuk Obat Sakit Mata Tradisional


Cara pengobatannya pun sangat mudah, Anda cukup ambil bunga tapak liman secukupnya lalu ambil tangkai putik yang menempel pada kelopak bunga, kemudian lepas kelopak bunga dan tangkai serbuk sari nya agar tangkai bunganya bolong sehingga dapat mengalirkan air.

Jangan biarkan sakit mata bertahan lebih lama dan malah menimbulkan bahaya yang lebih parah. Menggunakan tanaman herbal tapak liman menjadi metode ampuh untuk mngobati sakit mata yang Anda alami. Semoga bermanfaat :) Artikel Terkait : Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Mata

0 komentar:

Posting Komentar