Minggu, 13 Mei 2018

Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya - Tanaman obat yang satu ini sangat tak asing ditelinga kita, tumbuhan obat ini memiliki buah yang enak rasanya dan digemari oleh anak – anak. Ciplukan seringkali tumbuh di lokasi persawahan. Tanaman obat ini ampuh menyembuhkan penyakit kanker paru – paru, asma, radang tenggorokan, dan sejumlah penyakit lainnya.

Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya


Ciplukan atau dalam bahasa sundanya ialah cecendet, adalah tanaman yang berwarna hijau yang renyah dan berair lantas akan berubah warna menjadi kuning keorenan pada ketika akan matang. Terna semusim yang tingginya melulu 10-80 cm ini bukan tumbuhan asli Indonesia. Tanaman ini berasal dari Amerika tropika.

Di Indonesia ciplukan ini dapat dijumpai di tidak sedikit daerah. Tanaman ini tumbuh binal di lahan kosong, pekarangan rumah, atau lokasi lain yang tanahnya tidak becek, baik di dataran rendah maupun tinggi.

Di Bali dikenal dengan ciciplukan, sementara di Madura dikenal dengan nyor-nyoran. Lain lagi di Jawa Barat (cecenetan), di Jawa Tengah (ceplukan), dan masih tidak sedikit lagi nama wilayah lainnya. Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan


Manfaat ciplukan untuk kesehatan dipercaya sebagai buah sumber vitamin C, B12 dan vitamin A. Dengan memakannya, maka keperluan akan vitamin-vitamin tersebut jadi terpenuhi. Misalnya vitamin C yang sekitar ini dikenal ampuh menambah imunitas. Sedangkan vitamin B12 yang pun ampuh dalam menambah kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Di samping itu, vitamin A beta karoten ampuh guna menyehatkan mata.

Ternyata ciplukan pun ampuh buat menangkal kanker. Ini sebab kandungan vitamin B kompleksnya yang menunjang perkembangan sel supaya bergerak dengan baik. Tak hanya itu, buah ciplukan ini berisi senyawa karotenoid, buah ini bisa berperan untuk meminimalisir rasa nyeri pada tenggorokan.

Khasiat buah ciplukan dapat dipakai untuk mengobati penyakit epilepsi atau ayan. Ini sebab kandungan senyawa asam dan sekian banyak  mineral yang ada dalam buah ciplukan secara efektif dapat menolong memperbaiki sel-sel saraf yang bobrok sehingga dapat menolong mengobati penyakit epilepsi atau ayan.

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya yakni dapat dipakai untuk mengawal kesehatan mulut. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C dan senyawa beda yang muncul dalam buah ciplukan bisa berperan sebagai zat anti inflamasi sampai-sampai dapat menangkal dan mengobati radang tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, dan sejumlah masalah kesehatan berhubungan mulut lainnya.

Manfaat ciplukan lainnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung, menambah stamina dan energi, melancarkan buang air kecil, mengobati penyakit flu, mempercepat proses penyembuhan luka, mengobati penyakit gondongan, mengobati rematik, penambah darah, mencegah penuaan dini, mengobati penyakit asma, menurunkan demam, meningkatkan kecerdasan otak, menyadarkan orang pingsan, mengobati stroke, penawar racun, menghilangkan kuning pada bayi baru lahir.

Cara Mengolah Ciplukan


Untuk mengolah ciplukan menjadi obat tradisional. dalam mengobati hipertensi Anda cukup sediakan 5 gram daun kering ceplukan dan masukan kedalam air sejumlah 110 ml. Kemudian gabungan ini direbus sekitar 10 sampai 15 menit dan diaduk merata. Setelah selesai, saring ramuan herba, dan takaran sekali minum selama 80-100 ml. Buat air rebusan 2 kali sehari guna diminum masing-masing pagi dan sore, ramuan ini jangan lebih dari 24 jam.

Pengobatan Kencing Manis. Sediakan 10 gram herba kering ciplukan dan air 400 ml. Pembuatan ramuan dan takaran minum sama dengan penyembuhan hipertensi.

Pengobatan Bisul dan Borok. Sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 eksemplar daun sirih diperbanyak sedikit garam. Campurkan seluruh bahan sampai menyatu menjadi lembut, lantas oleskan disekitar bisul. Bagi borok, pakai 1 genggam daun ciplukan diperbanyak 2 sendok kapur sirih. Haluskan kedua bahan dan tempelkan ke unsur yang sakit.

Pengobatan Diabetes Mellitus. Ambil atau cabut tumbuhan yang telah berbuah beserta akar kemudian dibersihkan. Tanaman ini direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai air menjadi 1 gelas. Ramuan ini lantas disaring dan diminum sekali sehari.

Pengobatan sakit yang sehubungan dengan paru-paru, laksana sesak nafas. Ambil atau cabut tumbuhan beserta akar dan buah, lantas rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Saring ramuan ini dan minum 1 gelas, 3 kali sehari.

Demikian Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat :) Baca juga Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar