Rabu, 23 Mei 2018

10 Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak

Artikel kali ini saya akan membahas mengenai 10 Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak yang dapat merusak kesehatan mata Anda. 

10 Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak

The American Academy of Ophthalmology memiliki beberapa rekomendasi keamanan untuk orang yang memakai lensa kontak. Untuk semua pengguna lensa kontak, penting untuk memiliki pengetahuan tentang langkah-langkah keamanan dan juga kesalahan umum apa yang mungkin Anda buat. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan di masa depan dan melindungi visi Anda. Berikut ini adalah kesalahan umum yang dilakukan orang dengan lensa kontak yang dapat merusak mata Anda.

10 Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak


1. Kenakan Kontak Terlalu Lama


Pemakaian kontak yang lama juga membuat kornea Anda lebih rentan terhadap kuman. Tidak peduli jenis kontak apa yang Anda miliki, hindari memakainya terlalu lama. Ini adalah cara yang sederhana dan efektif untuk mengurangi risiko infeksi.

2. Tidur di Kontak Anda

Kebiasaan tidur dengan kontak Anda di mata Anda adalah kesalahan besar yang sering dilakukan orang lain. Sama sekali tidak aman untuk tidur dengan kontak Anda. Pemakaian yang diperpanjang mengurangi kornea oksigen, yang dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, dan bahkan infeksi serius. Bahkan, itu umum bagi pengguna yang tidur dengan lensa mereka untuk bangun dengan mata kering dan penglihatan buram. Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Optometry menemukan bahwa tidur dengan pemakaian lensa kontak adalah kemungkinan penyebab utama keratitis mikroba.

3. Memakai Kontak Anda dalam Air

Baik itu kolam renang, bak mandi air panas atau pancuran, memperlihatkan kontak Anda ke jenis air apa pun adalah sesuatu yang harus Anda hindari dengan cara apa pun. Air adalah tempat berkembang biak bagi berbagai jenis bakteri dan patogen berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan infeksi mata. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Selain itu, paparan air dapat mengeringkan kontak Anda.

4. Menggunakan Air Keran untuk Membersihkan Kontak

Menggunakan air keran untuk membersihkan kontak Anda adalah kesalahan besar lain yang dilakukan sebagian besar pengguna. Air keran tidak steril dan membersihkan kontak Anda di dalamnya dapat menyebabkan bakteri dan patogen berbahaya lainnya menempel pada lensa. Faktanya, air keran diketahui mengandung amuba yang dapat menyebabkan keratitis Acanthamoeba, infeksi mata yang sulit diobati. Selain itu, dengan menghindari membilas lensa Anda di air keran, Anda akan mencegah kornea mata Anda meradang atau bekas luka, yang dapat merusak penglihatan. Selalu cuci kontak Anda dengan solusi yang tepat yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Sebaiknya selalu membawa obat tetes mata yang ramah kontak atau solusi lensa kontak berukuran perjalanan dengan Anda.

5. Memakai Kontak Anda Melewati Tanggal Kedaluwarsa

Lensa yang lama dan kadaluarsa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman. Dengan menggunakan, mereka juga mengumpulkan penumpukan protein dan residu lainnya. Mengenakan lensa semacam itu bisa jadi tidak nyaman, atau lebih buruk lagi, dapat menyebabkan infeksi. Jangan pernah mempertaruhkan kesehatan mata Anda untuk memperpanjang penggunaan sepasang kontak. Dengan memakai lensa kontak lama, Anda tidak menabung, malah Anda meminta tagihan medis yang mahal.

Baca juga :

Bahaya Eyeliner Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Untuk Mata Minus

6. Handling Lenses dengan Tangan Najis

Pemakai lensa kontak sering lupa mencuci tangan sebelum memegang lensa. Untuk menghindari kuman masuk ke mata Anda, penting bagi Anda untuk mencuci tangan secara menyeluruh sebelum menyentuh lensa kontak Anda, bahkan casing. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum memegang lensa kontak Anda. Selain itu, pastikan Anda mengeringkan tangan secara menyeluruh sebelum memegang lensa kontak karena mikroba yang menyebabkan infeksi mata juga ada dalam air.

7. Memakai Kontak bahkan Saat Mata Anda Sakit

Pastikan untuk segera melepas lensa Anda jika Anda melihat gejala seperti kemerahan, gatal, bengkak, dan terbakar di mata. Dalam kasus apa pun, menderita karena ketidaknyamanan menggunakan lensa Anda dan berisiko mengembangkan infeksi. Kadang-kadang, mata Anda mungkin sakit karena sesuatu yang salah dalam lensa. Hapus kontak Anda segera dan periksa dengan hati-hati untuk melihat tanda-tanda keripik atau robek. Jika masih ada bagian lensa Anda yang tersisa di Anda, segera periksa ahli kacamata.

8. Perawatan Lensa Kontak dan Kasus Penyimpanan yang Tidak Tepat

Baik lensa kontak dan penyimpanan Anda perlu penanganan dan penanganan yang tepat. Bahkan, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengguna lensa adalah mereka tidak tekun mengikuti instruksi untuk menangani kontak dan kasus. Tidak mengikuti langkah-langkah perawatan dan keamanan yang tepat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi merusak lensa Anda, atau bahkan lebih buruk, membuat diri Anda rentan terhadap infeksi mata yang serius.
  • Bersihkan lensa kontak Anda dengan solusi yang direkomendasikan setiap hari. Selalu cuci tangan Anda sebelum menangani kontak Anda. Setelah dibersihkan, simpan dalam kotak dengan larutan segar.
  • Membasmi kuman penyimpanan juga sangat penting, karena organisme yang berbahaya dapat tumbuh dalam kasus ini. Menempatkan lensa kontak yang sudah dibersihkan dalam kotak kotor adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Bersihkan wadah penyimpanan Anda dengan larutan steril yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Keringkan dengan handuk yang bersih dan tidak berbulu atau biarkan mengering sebelum menggunakannya kembali.
  • Kasus lensa kontak harus diganti setidaknya setiap tiga bulan.

9. Pencampuran Solusi Segar dengan yang Digunakan dalam Kasus

Ini adalah kesalahan umum lainnya yang terjadi pada pemakai lensa kontak. Orang sering "top off" atau mencampur solusi lensa kontak segar dengan solusi lama atau bekas dalam kasus untuk kemudahan. Namun, ini adalah praktik yang tidak sehat karena menyebabkan disinfektan kehilangan keefektifannya. Ini pada gilirannya meningkatkan peluang Anda mengembangkan infeksi mata.
Selalu ganti solusinya dan bukannya menutupnya. Bahkan, Anda juga perlu membilasnya dengan larutan segar dan mengeringkan casing dengan jaringan segar atau jika tidak akan ada penumpukan biofilm di bagian bawah.

10. Menghindari Pemeriksaan Mata

Baik Anda memakai kontak atau kacamata, penting untuk memeriksakan mata secara rutin. Selain itu, jika Anda mengalami ketidaknyamanan dengan mata Anda, meskipun tampaknya kecil, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata Anda sesegera mungkin. Masalah lebih mudah diobati pada tahap awal. Semakin lama itu berlangsung, semakin sulit untuk diobati. Jadi, jika Anda memiliki kemerahan, terbakar, penglihatan kabur atau rasa sakit di mata Anda, terutama setelah menggunakan lensa kontak, jangan pernah mengabaikannya dan membuat janji dengan cepat, Juga, sangat penting bagi kesehatan dan keselamatan penglihatan Anda untuk diperiksa secara teratur untuk memperbarui jenis lensa, kesesuaian dan resep.

Itulah 10 Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak yang bisa kami share, semoga bermanfaat :) Artikel ini bersumber dari https://www.top10homeremedies.com/news-facts/10-mistakes-contact-lenses-damage-eyes.html/

0 komentar:

Posting Komentar